![]() |
Direktur Pemberitaan MNC Media Arya Sinulingga. (Foto: Muhammad Sabki/Okezone) |
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UHAMKA) hari ini menggelar diskusi publik bertema 'Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua: Ke Mana Suara Pemilih Muslim?' Diskusi tersebut bertempat di Auditorium FKIP UHAMKA dengan menghadirkan narasumber Arya Sinulingga selaku Direktur Pemberitaan MNC Media.
Dalam pemaparannya, Arya mengatakan bahwa kencenderungan suara umat Islam di Pilkada DKI putaran kedua terbagi menjadi dua kelompok, yakni di kawasan yang padat Muslim-nya cenderung memilih Anies-Sandi dan masyarakat Muslim yang menyebar masih 50:50.
"Kalau umat Islam yang padat Muslim-nya lebih cenderung ke pasangan nomor 3 (Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno). Tapi kalau yang masyarakat Muslim-nya yang menyebar masih 50:50," ucap Arya, Kamis (13/4/2017).
Kemudian berdasarkan data yang dibaca oleh Arya, masyarakat Muslim yang mempunyai kelompok memiliki pilihan pasangannya sendiri dan tidak terpengaruh oleh apa pun. Ia mengungkapkan, justru masyarakat Muslim kota yang lebih besar terpengaruh.
"Masyarakat Muslim kota yang lebih besar terpengaruh, karena sosial media, plural, dan melihat kondisi yang ada di kota," ujarnya.
Lalu Arya tidak setuju dengan lembaga survei yang menyatakan di Pilkada DKI lebih banyak pemilih emosional. Justru, jelas dia, mereka cenderung dominan ke salah satu pasangan seperti Anies-Sandi di pada putaran pertama setelah melihat debat.
"Seperti debat putaran pertama Anies-Sandi lebih dominan dan ini sangat terbukti suara masyarakat Jakarta langsung ke pasangan ini, dan membuktikan bahwa masyarakat Jakarta sangat rasional," tegasnya. Sumber okezone
Tidak ada komentar:
Write komentar